PERUBAHAN IKLIM 101

Image

Muhammad Farid – DNPI

Testimoni – Kursus ini sangat penting untuk memahami apa itu iklim. Mengapa iklim berubah? Apa yang dapat kita lakukan berkaitan dengan hal itu? Kursus ini menekankan  bagaimana mempelajari perubahan iklim dapat menginformasikan pemahaman kita tentang komponen-komponen  dasar dari iklim, bagaimana kita dapat membedakan antara cuaca dan iklim dan mengapa perubahan iklim telah menjadi isu lingkungan global yang dihadapi manusia di abad ke-21.

Kursus ini dirancang untuk memberikan pengenalan mengenai Perubahan Iklim. Kursus Perubahan Iklim 101 berfokus pada aspek umum dan dasar dari perubahan iklim dan hal ini dimaksudkan untuk mempersiapkan para peserta untuk memahami iklim dan cuaca serta mampu memahami perubahan iklim global. Para peserta juga akan mempelajari konsep-konsep energi dan energi anggaran untuk bumi, gas-gas rumah kaca dan sumber-sumber mereka. Sebagai bagian dari aspek mendasar dari perubahan iklim, para peserta juga akan belajar mengenai data iklim dan sumber-sumbernya serta mengidentifikasi terhadap dampak perubahan iklim pada sistem fisik dan proyeksi-proyeksinya.

20131025_092335

Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG)

Mata kuliah  perubahan iklim dan mitigasi yang disampaikan dosen, berkesan bagi peserta, dan puas dengan materi yang  disampaikan. Mereka mendapatkan informasi terbaru tentang perubahan iklim. Dan berguna untuk pekerjaan di wilayah masing-masing  serta pelibatan dan pemberdayaan masyarakat, seperti di Papua. Bahwa dampak perubahan iklim, sesuai kajian-kajian ilmu yang dipelajari, merasuk dalam berbagai dimensi sosial dan individu, dan berdampak pada lingkungan.

Selama seminggu  peserta menyimak mata kuliah soal perubahan iklim, adaptasi dan mitigasi juga  kunjungan ke kantor  Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG ).  Berkunjung ke BMKG menjadi  kegiatan favorit peserta pelatihan, dan  semakin mengerti  cara kerja BMKG mendapatkan data iklim.

Peserta menilai, dosen pengajar menjelaskan materi sangat sistematis,  dan sebaiknya mata kuliah disampaikan dalam bahasa Indonesia, terutama istilah-istilah yang susah dipahami, supaya lebih efektif  bagi peserta.  [RCCCUI|Testimoni]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s