Remote Sensing

DSCN2421

di ruang praktikum remote sensing

Tindakan untuk mengurangi perubahan iklim sangat menantang. Para ilmuwan, para pembuat kebijakan, para pengembang, para insinyur, dan banyak lainnya telah menggunakan teknologi Geographical Information Systems (GIS) dan Remote Sensing untuk lebih memahami sebuah situasi yang kompleks dan menawarkan beberapa solusi-solusi nyata untuk mengembangkan tindakan-tindakan mitigasi seperti juga proses pemantauan.

Karena perubahan aksi mitigasi iklim di sektor kehutanan terkait dengan pengurangan emisi karbon dari deforestasi dan degradasi hutan, melalui pengelolaan hutan berkelanjutan dan konservasi stok karbon, GIS dan Remote Sensing bisa menjadi alat yang ampuh untuk:

  1. mengidentifikasi perubahan tutupan lahan,
  2. mendeteksi deforestasi dan degradasi hutan,
  3. mengidentifikasi penyebab-penyebab deforestasi dan degradasi hutan,
  4. menghitung emisi karbon dari deforestasi dan degradasi hutan,
  5. estimasi awal atau tingkat referensi laju deforestasi,
  6. dan mengembangkan rencana-rencana untuk mengurangi karbon emisi dari deforestasi dan degradasi hutan.

Kursus ini akan melengkapi pengetahuan konseptual dan praktis untuk memahami dan/atau praktis menerapkan semua kegiatan di atas. Lantas kesan apa yang didapatkan oleh peserta pelatihan professional ini mengenai remote sensing ?

DSCN2348Ada yang pertama kali belajar soal remote sensing, mengingat peserta dari latar belakang ilmu pengetahuan dan pekerjaan berbeda. Peserta menyukai praktikum, seru menurut mereka. Pelajaran remote sensing cukup memberikan pencerahan soal pematauan hutan, dan bermanfaat.

Sangat menarik untuk mengetahui perubahan land cover secara luas. Belajar soal remote sensing tak mudah, sedikit sulit untuk sebagian peserta. Karena sangat teknis, dan saintifik, tapi sangat menunjang kegiatan di lapangan dan banyak informasi yang bisa digali dari belajar remote sensing. Setiap peserta mempunyai topik favorit saat mempelajari remote sensing. Terutama soal pengolatah data dan aplikasi remote sensing dalam REDD juga praktikum dan land cover model [RCCC UI| 2013]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s