Hukum Lingkungan

DEPOK – Hukum lingkungan adalah subjek penting dari keseluruhan kursus itu sendiri, dan ImageKarena itu, bahasan ini hanya dapat memberikan pengenalan yang paling sedikit. Setelah gambaran singkat mengenai lingkungan dan hukum pada umumnya. Tujuan dari hal ini adalah untuk memberikan contoh pembangunan pengambilan keputusan, perkembangan dan semua dalam konteks lingkungan yang kebetulan menjadi masalah lingkungan yang paling penting yang dihadapi masyarakat internasional.

Pembahasan ini  kemudian berfokus pada perubahan iklim & REDD+. Semua hutan dianggap sebagai bagian dari sumber daya alam Indonesia, dan sesuai dengan konstitusi Indonesia, Pemerintah Pusat bertugas untuk mengelola hutan untuk memastikan manfaat maksimal kepada masyarakat Indonesia.

ImageKepemilikan tanah, dan lebih khusus lagi hak properti untuk stok/persediaan karbon, semakin diakui sebagai bagian integral dari perdebatan perubahan iklim. Masalah hak kepemilikan telah dibangkitkan/bicarakan sehubungan dengan: tanah milik adat (Randrianarisoa et al 2008) termasuk tanah adat (Griffiths 2007); kepemilikan lahan yang menyebabkan deforestasi (Porrua dan Garcia-Guerrero 2008; OCC 2008; Parker et al 2008); hukum konsepsi dari hak milik karbon (Allen dan Baylis 2005; Boydell, Sheehan dan Sebelum 2008; Basnet-Parasai 2007), dan kebutuhan untuk memperjelas siapa yang akan menjadi penerima manfaat dari pembayaran karbon melalui mekanisme seperti REDD (Forest Dialogue 2008). Hak milik atas hutan dan/atau karbon telah diakui sebagai isu utama di hampir semua laporan perubahan iklim utama, seperti Eliasch (OCC 2008) dan Laporan Stern (Stern et al 2007) dan berbagai laporan IPCC (IPCC 2001, IPCC tahun 2003, IPCC 2007).

Ini adalah program survey yang akan memberikan pemahaman yang luas dan praktis beberapa DSCN2334penting Perubahan Iklim & REDD+.  Kursus ini dirancang untuk memperkenalkan Anda ke berbagai hal menarik berkaitan tantangan lingkungan yang penting ditangani oleh hukum lingkungan, isu-isu kebijakan yang sulit seputar masalah lingkungan, dan kompleksitas hukum skema peraturan dan administrasi lingkungan.

Salah satu pengampu kuliah hukum lingkungan adalah Harry Alexander, SH,. MH,. LLM.  yang menguasai bidang hukum  dan memiliki kemampuan yang bagus dibidanganya. Peserta training menyukai dosen muda satu ini karena kecerdasaan dan pengalaman yang sudah dilalui selama berkiprah di dunia LSM  dan mampu memberikan persfetktif yang luas kepada peserta training.

Dalam kuliah hukum lingkungan juga mencakup beberapa bahasan seperti hukum dan kebijakan kehutanan nasional, politik hukum yang terkait dengan soal lingkungan dan REDD+, Stakeholder engament dan REDD Implementation dan hukum internasional.

Diharapkan dalam pelatihan serupa tahun 2014, pengajar lebih banyak memberikan praktek dalam pembuatan legal draft MoU, juga contok solusi hukum untuk masalah-masalah yang mungkin muncul dalam implementasi model The Rain Forest Standard yang sudah dilakukan oleh Columbia Univesrity. [RCCC UI |2013]

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s